Pages

Senin, 03 Oktober 2011

cem00ohan orang

Manusia pada hakikatnya memiliki naluri untuk berkembang,, naluri untuk bersosialisasi dengan lingkungannya…. Lingkungan merupakan komponen yang berpengaruh untuk perkembangan seseorang,, lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar kontribusinya untuk pembentukan kepribadian seseorang…..
Apa jadinya jika perkembangan terhambat??
Tentunya jika hal ini terjadi seseorang tidak bisa mengembangkan kemampuannya,, seseorang cenderung untuk tidak terlihat kemampuannya…..
Apa penyebabnya??
Banyak hal yang menjadi penyebab perkembangan seseorang terhambat,,, hal yang saya amati adalah CEMOOHAN…. Kenapa saya mengatakan CEMOOHAN bisa menghambat perkembangan??
Begini alur pemikiran saya….
Pendidikan di Indonesia saya rasa masih kurang menerapkan pendidikan Soft SKill untuk siswa semenjak kecil (TK/SD),, siswa lebih banyak dijejali dengan kemampuan Hard Skill…..
Siswa dari kecil memang di bentuk untuk berani mengemukakan pendapat di depan kelas,, tapi apa yang terjadi ketika seseorang mengemukakan pendapat?? Ekspresi dari teman sebayanya mereka cenderung untuk mencemooh atau meneriakinya,, apa akibatnya?? menurut saya jika hal itu sering terjadi pada anak,, saya kira perkembangan anak akan terhambat,, anak akan cenderung susah untuk berkembang karena anak tersebut cenderung untuk tidak bisa berekspresi di lingkungannya,, anak akan berfikir ketika ia mengemukakan pendapatnya atau ekspresinya ia akan di cemooh oleh temannya,, maka anak tersebut mengurungkan niatnya untuk mengemukakan hal tersebut…..
Hal yang seperti itu terjadi sampai pendidikan yang jenjangnya tinggi,, seperti di perguruan tinggi,, saya merasakan hal tersebut,, ketika saya atau teman akan mengemukakan pendapat orang biasanya akan mencemooh dengan meneriakkan “hoooooo……”" atau “wiiidiiiiiiiihhhhh…..” entah apa maksudnya,, mengemukakan apa saya tidak mengerti,, tapi ketika saya berfikir ketika itu terjadi pada anak SD apakah mental mereka akan siap dengan cemoohan itu??
Orang orang yang terbiasa dengan cemoohan mungkin tidak masalah,, tapi jika ada anak tidak terbiasa dengan cemoohan itu untuk memulai membiasakan dengan cemoohan itu saya rasa akn terasa sulit,, anak yang belum terbiasa akan merasa sulit dengan membiasakan untuk di cemooh orang…..
Mungkin itu sepenggal cerita yang sekilas terlints di pikiran saya…..
Soft Skill dari sejak awal pendidikan (TK/SD) harus lebih ditingkatkan,, seperti yang kita tau bahwa memang Soft Skill memang sangat berpengaruh untuk perkembangan seseorang…..
Soft Skill memang banyak,, tapi yang saya pikirikan ketika soft skill untuk membiasakan mengahrgai orang,, saya pikir menunjang sekali untuk memacu orang berkembang,, ketika orang berpendapat mungkin teman sebayanya akan bisa menghargainya,, sehingga memicu orang yang lain untuk berkembang….. Orang lebih suka dihargai daripada di cemooh…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar